Minggu, 24 Mei 2015

Cara Masuk Universitas yang Diinginkan


1. Lulus SNMPTN
Ini adalah jalan paling enak masuk universitas. Soalnya, kalau udah dijamin lulus Insya Allah udah nggak ada lagi yang dipikirin. Buat yang keterima leawat jalur ini nggak bakal lagi ketemu soal-soal seleksi masuk. Pokoknya mah tinggal menjalani akhir kehidupan SMA aja. Tapi, untuk bisa lulus SNMPTN nggak semudah membalikkan telapak kaki. Karena, pihak Universitas cuma mau nerima anak-anak yang nilai raport dari kelas X sampai semester satu kelas XII-nya bagus. Makanya, buat sodara-sodara yang mau lewat jalur ini harus menyiapkan dari jauh-jauh hari sebelumnya. Selain itu, pemilihan universitas dan jurusan yang pas bakal berpengaruh. Apalagi nih, kebanyakan universitas-universitas punya prioritas untuk anak daerahnya saja.

2. Lulus SBMPTN
Nah, kalo cara pertama gagal masih ada jalur ini. Tapi, di jalur ini Anda harus menjawab soal-soal yang bisa sulit bisa gampang. Itu tergantung sseberapa banyak ilmu yang kamu kuasai. Bahkan, SBMPTN ini bisa dibilang sekelas OSN. Misalnya aja, untuk masuk jurusan tertentu harus bersaing ngelawan tiga ribuan (3.000-an) pendaftar lain. Sementara, yang diterima paling cuma 30 atau lebih dikit malah.

3. Ujian Mandiri
Kalo yang dua tadi itu jalur yang difasilitasi pemerintah. Nah, kalo yang ini khusus dikasih sama universitas masing-masing. Mislanya, ujia mandiri UI itu namanya SIMAK UI. Di jalur ini juga, kamu harus ngejawab soal dulu biar bisa dapet nilai sehingga tinggi lalu diterima.

4. Ngadain Study Tour
Sebenernya jalur yang ini lebih dikhususkan buat sodara-sodara yang masih berumur cukup lama di sekolah menengah. Tapi, cara ini termasuk efektif agar bisa masuk ke universitas keren yang kamu ingini. Caranya, ajuin study tour ke pihak sekolah dengan tujuan universitas-universitas yang kamu pilih. Nah, kalo sekolah nyetujuin kan bisa juga tuh masuk ke perguruan tinggi idaman. Gak papa, yang penting bisa masuk.

5. Nganter Kakak Kuliah
Cara ini tidak lebih mudah dibanding sebelumnya. Soalnya, kamu harus bisa memasukkan kakak kamu ke universitas yang kamu ingini. Tapi,  alo nggak punya kakak, kamu hars minta dulu ke ortu untuk membuat kakak terlebih dahulu. Kalo kakak kamu sudah resmi jadi mahasiswa sana, artinya kamu bisa masuk ke universitas yang kamu ingini dengan cara nganterin kakak kuliah. Berseskan? Yang penting masuk.

6. Nganterin Tetangga Kuliah
Ini adalah opsi bantuan buat yang gak punya kakak. Tapi ini akan jadi susah buat yang gak punya tetangga. Soalnya, minta ortu buat bikin tetangga adalah hal yang gak mudah. Cara ini pada dasarnya sama kayak cara nomor 5. Jadi, coba kamu baca lagi cara nomor 5 kalu kamu rasa penting. Gak papa, yang penting masuk.

7. Masuk Aja
Nah, ini adalah cara yang paling efektif. Kamu gak bakalan menemukan masalah-masalah ngerjain soal atau nganterin siapa kuliah. Intinya, ya masuk aja. Cari hari libur semisal hari minggu untukl main-main ke sono. Ajak teman atau kawan akan lebih baik lagi. Kamu tinggal cari kendaraan yang menuju universitas yang kamu ingini dan tinggal masuk aja. Masalah mau ngapain di dalem itu urusan kamu. Yang penting bisa masuk.

Ya, mungkin itu hanya beberapa saja yang bisa saya posting kali ini. Jika sodara-sodara merasakan manfaat yang besar saya ikut bahagia kok, hehe. See you babay...
Wassalamualaikum...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar