Minggu, 21 Juni 2015

Tips biar Keren dan Beken di Sekolah #2 Bangun Personal Branding

Ada yang tau itu namanya botol apa? Coba sekali lagi, botl apa namanya? Jadi, itu adalah botol..... AQUA. Siapa yang setuju itu botol AQUA? Selamat buat kamu yang setuju., berarti kamu sudah berhasil di hipnotis sama perusahaan mereka. .

Loh kenapa? Soalnya gini sodara, gambar yang di atas itu namanya botol minuman dalam kemasan. Tapi, kebanyakan masyarakat Indonesia mengenalnya sebatas botol AQUA aja. Hal yang demikian ini juga kejadian dengan mie instan, pasta gii, deodoran, dan temen0temennya. Iya, kan? Sebagian dari kita nyebutin benda-benda itu dengan nama salah satu produk yang paling terkenal. Misalnya, sewaktu mau beli pasta gigi di warung yang ditanyain ada odol atau enggak. terus penjaga warungnya bilang ada tapi ngasihnya pasta gigi pepsodent.
 Itu dia yang namanya branding. Aqua berhasil membangun personal brandingny sebagai air minum dalam kemasan paling terkenal. Odol bisa membangung branding, meski kita minta odol yang dikasih  pasta gigi lain.

Nah, itu contoh kasus pada produk komersial. Gimana personal branding pada makhluk bernama orang? Ya, sama aja gitu loh.

Oke, ane kasih contoh lagi ya. karea belajar itu lebih mudah kalau ada contohnya. Coba, kalau ane tanya siapa presiden paling keren Indonesia, pasti pada  kepikiran Ir. Sukarno. Terus, kalo ditanya siapa pemain bola paling bagus pasti yang kepikiran Ronaldo atau Messi. Iya atau Iya?

Dengan branding, seseorang atau objek apapun bakalan lebih mudah dikenal banyak orang. Krena, punya muka ganteng aja belum ngejamin bisa bikin terkenal. Bahkan, orang yang mukanya jelek (mohon maap) banget malah banyak yang terkenal? Ya, karena mereka punya sesuatu yang bisa ditunjukkan kepada khalayak rame-rame. Beda sama orang yang mukanya pas-pasan, kantong pas-pasan, bakat pas-pasan, karya kagak ada. Apanya yang mau dibanggain?

Begitu pun di sekolah, sodara. Anak yang udah dicap nakal ama guru pasti mau sebaik apa dia berkelakuan (biasanya) tetep diliat jelek. Kalo mereka kabur, "halah, uadah biasa". Kalo mereka bikin ulah,"halah, biasa bocah nakal". Nah, kalo mereka tiba-tiba shalat dhuha, " halah, paling lagi kesambet''.





Beda kalo anak yang udah kepalang dicap baik sama guru. Mau ngapain aja juga diliat baik. Kalo lagi bantuin guru,"emang anak baik". Kalo shalat dhuha,"emang anak baik". Nah, kalo mereka mecahin kaca sesekolahan,"oh, paling nggak sengaja".

Jadi, semua kembali lagi ke masing-masing dari kita. Kalo nggak ada yang spesial yang kita punya, ya sabar aja jadi orang biasa-biasa. Tapi, kalo mau jadi beken, tinggal pilih apa yang bakal ngebuat ente terkenal, Kebaikankah atau Kebrandalankah. Selamat membranding.




1 komentar:

  1. sama-sama banyak. saya juga sangat berterimakasih. Soalnya Anda orang pertama yang komen di blog saya :-D. Jadi terharu, hiks..hiks...

    BalasHapus